An-da cipta-an atau cipta-an an-da

Oleh: Maridup Hutauruk

 

Bila kau mempercayai dan menganut satu ajaran, dan ajaran itu tidak dipercayai oleh orang banyak disekelilingmu maka bersiaplah menerima pernyataan bahwa kau menganut ajaran …an.

Bila kau mempercayai dan menganut satu ajaran, dan ajaran itu dipercayai juga oleh orang banyak disekelilingmu maka bersiaplah menerima pernyataan bahwa kau menganut ajaran …an.

Bila kau mengaku memperoleh sesuatu yang tidak mampu diperoleh oleh orang banyak disekelilingmu, maka bersiaplah menerima pernyataan bahwa kau memperolehnya dari …an.

Bila kau mengaku memperoleh sesuatu yang mampu diperoleh orang banyak disekelilingmu, maka bersiaplah menerima pernyataan bahwa kau memperolehnya dari …an.

Bila kau menikmati sesuatu dan tidak mampu dinikmati oleh orang banyak disekelilingmu, maka bersiaplah mendapat tuduhan bahwa engkau mendapat kenikmatan itu dari …an.

Bila kau menikmati sesuatu dan mampu pula dinikmati oleh orang banyak disekelilingmu, maka bersiaplah menerima pernyataan bahwa kenikmatan itu datang dari …an.

Maka apapun yang ada pada dirimu dan ada pula pada orang banyak disekelilingmu semuanya digambarkan dengan …an. Bila apapun yang ada pada dirimu tetapi tidak ada pada orang banyak disekelilingmu juga digambarkan dengan …an. Karena semuanya digambarkan dengan …an, maka terserah kau, apakah kau seperti kau yang berbeda dengan orang banyak disekelilingmu atau kau yang melebur dengan orang banyak disekelilingmu, atau kemana atau dimanapun, maka semuanya digambarkan dengan …an.

Lalu apa itu …an? Siapa itu …an? Terserah kau… mungkin ada …an menurut kau, ada juga …an menurut dia, ada juga …an menurut mereka, kalau jumlah manusia ada 7 miliar maka ada 7 miliar …an.

Kalau 7 miliar mengaku …an yang sama, maka hanya ada satu …an. Kalau semuanya saling tidak mengakui …an yang sama, maka …an mu sendiri hanyalah satu diantara 7 miliar …an.

Kalau begitu, …an hanyalah sebuah pengakuan. Kalau itu hanya berdasarkan peng-aku-an, berarti aku yang menciptakan …an berdasarkan peng-aku-an. Setidaknya aku yang menciptakan …an ku. Kalau bahasamu menyebutkan …an sebagai akhiran maka letakkanlah …an di akhir dan terakhir, jangan kau tempatkan menjadi terdahulu dan didahulukan, karena bila kau dahulukan menjadi salah tempat, kalau salah tempat akan mengakibatkan ke-kacau-an, karena …an itu hanya ada pada anda, an-da……!!!!!!

 

Pernah Published on //maridup.multiply.com/journal, Jul 9, ’10 10:37 PM, for everyone.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s